Rabu, 24 Oktober 2012

0 Apa Itu Keylogger?


Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam aktifitas pengguna komputer. Berasal dari kata kerja “log”. Orang/program yang melakukan aktifitas log ini namanya “logger”. Sedangkan “logging” berarti adalah istilah untuk kegiatan “merekam” aktifitas log-nya. Yaaah…. bahasa inggris gitu deh. Hehehe..

Banyak metode untuk merekam aktifitas pengguna komputer… Ada yang berdasarkan key stroke (rekaman langsung semua kata yang dipencet di keyboard), ada yang memantau clipboard Windows (yang pake Windows nih..), ada juga keylogger yang secara terang-terangan memiliki interface yang cantik, padahal ternyata menipu. Dan mungkin masih banyak lagi cara-cara “logging” aktifitas pengguna dengan memanfaatkan keylogger. Langsung ke praktek yuyayu..?!


Sebelumnya, ada alasan mengapa saya menulis tentang keylogger ini. Saya mengutip pembicaraan seorang ahli keamanan komputer yang menjelaskan kurang lebih begini:

“Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam password yang di ketik oleh pengguna”.

Pernyataan ini sedikit menggelitik bagi saya. Ya, padahal itu adalah salah satu penerapan dari keylogger! Tapi bukan itu saja yang bisa dilakukan keylogger! Paham?

Tapi karena yang ngomongnya adalah seorang ahli sekuriti, mungkin saya bisa menerima statement beliau diatas itu. Tapi alangkah baiknya kalo menjelaskan kepada orang yang awam komputer itu se-jelas-jelasnya. Jangan sepotong-sepotong. Tapi mungkin jika kita takut mereka orang-orang awam ini malah jadi bingung, bisa gunakan analogi atau ilustrasi ringan, dan gak usah bahas masalah teknisnya… Karena pembodohan masyarakat bisa berasal dari hal-hal kecil seperti ini. Hehehe…

Pertama, mari kita bahas keylogger yang membaca clipboard Windows… Sebagai contoh, kita coba meng-copy kata ini: “s3cr3t_pa5sw0rd”. Copynya dari aplikasi mana saja… Notepad juga boleh lah… Terus setelah kita mengcopy kata tersebut. Silakan ke Start->Run. Dalam input-an isi dengan “clipbrd” dan tekan [ENTER]. Sehingga anda melihat window sebagai berikut:



Binggo, ternyata semua aktifitas copy (sebelum di paste) di taronya di clipbrd toh..?? Hmm… Sudah banyak keylogger yang memonitor clipbrd Windows anda loh. Hati-hati klo PC anda sudah terinfeksi keylogger semacam ini, jangan sekali-kali meng-copy password (ATAU JUGA kata-kata penting lainnya). Karena semua yang anda copy, pasti masuk ke clipbrd…!!

Sekarang contoh selanjutnya: keylogger yang tidak anda sangka-sangka adalah sebuah keylogger… Hehehe… Inilah dia, aplikasi kecil buatan saya waktu masih pintar ngoding (hahaha). Aplikasi lucu ini secara sepintas seperti aplikasi ramalan cinta biasa. Tapi dibalik itu semua, saya sudah menanamkan keylogger di inputannya. Aplikasinya bisa dilihat seperti ini:



Simple ‘kan? Dan anda mestinya langsung ngerti… (Tombol “PORTEND” maksudnya “RAMAL”)

Sebagai contoh, saya masukan nama JOKO sebagai sang korban. Si JOKO pertama-tama saya yakinkan bahwa nama cewe yang dia taksir ga akan ketahuan. Soalnya lihat aja tuh, input yang dimasukkannya disembunyikan pake karakter (*). Ya ‘kan?

Joko percaya-percaya aja sama saya. Dia kemudian memasukkan nama cewe yang dia taksir ke dalam inputan tsb. Dan… ramalannya mengatakan kecocokan antara JOKO dan si do’I adalah 70,5% euy!! Terlihat wajah Joko yang berseri-seri… Oke sampai sini biarin aja dulu dia senang bahagia hehey… Dan ketika si Joko udah pulang, saya buka deh file hasil rekam aplikasi ini bernama “JOKO.txt”… Inilah dia hasilnya tadaaa…



Nah sekarang anda sudah tau kan apa itu keylogger dalam arti yang sebenarnya?

KEYLOGGER GA HARUS MEREKAM PASSWORD! Ya, rekam apa saja… Tapi ya emang udah barang tentu yang paling enak di rekam adalah yang berharga-berharga seperti password, no kartu kredit, dsb. Untuk itu keylogger lebih sering memantau yang kayak gitu-gitu ketimbang yang kayak gini-gini. Hehehe…

Jangan salah kaprah tentang keylogger. Sedikit aja salah menjelaskan, kasihan ke orang awam… Hehehe

Tampilan Ketika Keluar dari Aplikasi LoveMetre


Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG INI MENERAPKAN SISTEM DOFOLLOW..!!
Ets tapi tunggu dulu bro ada aturan yang harus ditaati.
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
JADILAH BLOGGER YANG JUJUR...!!